Pembimas Buddha Sampaikan 3 Hal Penting dalam Pelayanan : Bahasa yang Melayani, Respon Cepat dan Tanggung Jawab

Pembimas Buddha, TS. Haryanto

Mamuju (Humas Kanwil) - Bahasa untuk melayani adalah bahasa yang mengedepankan kejelasan, kesantunan, empati, dan keterbukaan. Ketika kita menggunakan bahasa untuk melayani, penting untuk memperhatikan bahwa informasi disampaikan secara jelas dan mudah dimengerti, tanpa bertele-tele.

Hal tersebut disampaikan Pembimas Buddha, TS. Haryanto dalam amanahnya saat menjadi pembina apel, Selasa (24 September 2024).

Menurutnya, bahasa yang disampaikan kepada masyarakat sudah semestinya menggunakan kata-kata yang sopan dan hormat, menunjukkan penghargaan kepada orang yang dilayani.

Tutur kata yang disampaikan dengan memahami perasaan atau kebutuhan orang lain, gunakan bahasa yang menunjukkan kepedulian. Pelayan publik harus bersikap terbuka terhadap pertanyaan, saran, atau keluhan, serta siap membantu dengan sepenuh hati.

Bahasa yang digunakan harus bertujuan membangun hubungan positif, memecahkan masalah, dan menciptakan kenyamanan bagi yang dilayani.

Pada kesempatan tersebut ia juga mengingatkan peserta apel tentang pentingnya respon cepat dan tanggung jawab dalam setiap tugas dan pekerjaan yang dijalankan. Dua hal tersebut merupakan pilar penting untuk mendukung upaya Reformasi Birokrasi dan pencapaian Zona Integritas yang sedang diangun bersama.

Lebih lanjut, dalam Reformasi Birokrasi, semuanya dituntut untuk bisa memberikan pelayanan publik yang lebih baik, lebih cepat, dan lebih efisien. Respon cepat terhadap setiap permasalahan dan kebutuhan masyarakat adalah wujud nyata dari komitmen bersama sebagai abdi negara. Setiap laporan, pertanyaan, atau permintaan harus kita tanggapi dengan tepat waktu dan solusi yang efektif.

Namun, respon cepat tidak akan berarti apa-apa tanpa adanya tanggung jawab. Tanggung jawab adalah landasan utama dari integritas dalam bekerja. Melaksanakan tugas dengan penuh tanggung jawab berarti menjalankan setiap kewajiban dengan jujur, transparan, dan akuntabel, sesuai dengan peraturan yang berlaku.

Oleh karena itu, mari terus meningkatkan kemampuan dan kesadaran diri untuk memberikan respon yang cepat dan bertanggung jawab dalam setiap hal yang dikerjakan. Hanya dengan kerja keras dan komitmen yang tinggi, kita semua dapat mencapai tujuan besar kita yaitu mewujudkan birokrasi yang bersih, efisien, dan melayani.


Wilayah LAINNYA