Haji 2024

Amirul Hajj Pastikan Jemaah Calon Haji Terlayani Dengan Baik di Mekkah

Amirul Hajj Pastikan Jemaah Calon Haji Terlayani Dengan Baik di Mekkah

Mekah - Delegasi Amirul Hajj Bersilaturahmi dengan Petugas Kloter di Wilayah Sektor Satu Mekah (12/06/2024).

Para petugas kloter yang tergabung dalam 47 total Kloter yang berada di wilayah sektor satu mendapat kunjungan dan pengarahan dari Amirul Hajj di lantai dasar hotel Tayyib, Kantor Sekretariat Sektor Satu Mekkah.

37 Kelompok Terbang (Kloter) UPG Embarkasi Makassar, 9 kloter Batam (BTH) dan satu SOC Kloter Solo dengan mengutus 8 petugas kloter masing-masing terdiri dari satu Ketua Kloter (TPHI ),tiga Tenaga Kesehatan (TKHI), tiga Tim Pemandu Haji Daerah (TPHD) serta satu Pembimbing Ibadah (TIPIHI) mendapat kunjungan resmi dari Amirul hajj delegasi dari Kementerian Agama RI.

Dua utusan dari total 13 Anggota Amirul Hajj dibawah kepemimpinan Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas ini menjadi pembicara saat bertandang ke wilayah sektor satu yang terdiri dari 47 kloter ini adalah Ariyati Dina Puspita dan Muhammad Akil Irham.

Pembicara pertama, Ariyati Dina Puspita yang juga Ketua Nasiyatul Aisyiyah Pusat Muhammadiyah ini mengharapkan agar Jemaah Calon Haji (JCH) mendapatkan pelayanan yang baik diperlukan kesiapan fisik dan mental dari para petugas kloter. Adaptasi  terhadap perubahan iklim, cuaca, makanan memberi pengaruh terhadap kesehatan.

"maka kalo sakit cepat informasikan ke TKHI, begitupun juga kalo ada jemaahnya sakit segera di bawa ke TKHI, apalagi menghadapi fase Arafah Musdhalifah,  Mina (Armuzna) yang butuh tenaga ekstra" Ujar Ariati.

Selain itu yang sangat penting harus dibangun bagi para petugas kloter untuk mensukseskan tagline Menteri Agama RI (Ramah Lansia) dengan membangun toleransi sosial terhadap JCH Perhatian lebih terhadap para lansia, resiko tinggi, JCH sakit dan penyandang disabilitas harus menjadi skala prioritas. 

"Utamakan lansia, Risti, sakit serta disabilitas, apalagi deklain Menteri Agama"Ramah Lansia" tambah Ariati.

Pembicara kedua Muhammad Akil Irham yang juga Kepala Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal ini, memaparkan bahwa keberadaan Amirul hajj adalah untuk memastikan JCH mendapatkan pelayanan baik. Maka dari itu, dia mengharapkan kepada para petugas kloter untuk memastikan segala yang terkait dengan JCH, tersedia serta terlayani dengan baik.

"perhatikan hotelnya, tersediakah, layanan kesehatannya, di tenda baik Arafah maupun Mina, lihat WCnya, airnya, ACnya, kasurnya apakah semuanya tersedia dengan baik"jelas Akil.

Selain memastikan pelayanan terbaik bagi JCH Akil juga meminta kepada petugas kloter untuk memastikan apakah layanan yang diberikan pemerintah sudah baik dan sesuai dengan yang direncanakan.

"Hal yang paling penting para petugas kloter terutama menghadapi fase Armuzna ini, agar tanggap mempersiapkan skenario atau solusi terhadap hal-hal yang bisa saja terjadi di luar yang direncanakan".

Sebelum menutup pembicaraannya, Muhammad Akil kembali mengingatkan kepada petugas kloter agar menjaga stamina, mempersiapkan fisik yang kuat dan sehat sambil terus berusaha dan berdoa agar JCH dapat menyempurnakan dan menyelesaikan seluruh rangkaian ibadah mereka.

Kontributor - Muh. Naim (Ketua Kloter UPG 7 Embarkasi Makassar)


Wilayah LAINNYA