Mushola Nurul Syaamil Tamo Resmi Beralih Status Menjadi Masjid

Kepala Seksi Pendidikan Agama Islam Kankemenag Kab. Majene  H. Andi Amrullah Akil menghadiri Peresmian Masjid Nurul Syaamil Tamo, Kel. Baurung, Kec. Banggae Timur, Kab. Majene. Jumat, 19 April 2024.

Majene, (Humas) - Plh. Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Majene dalam hal ini adalah Kepala Seksi Pendidikan Agama Islam Kankemenag Kab. Majene  H. Andi Amrullah Akil menghadiri Peresmian Masjid Nurul Syaamil Tamo, Kel. Baurung, Kec. Banggae Timur, Kab. Majene. Jumat, 19 April 2024.

Masjid Nurul Syaamil awalnya adalah sebuah mushola yang diwakafkan oleh Alm. Bapak Samil. Beliau mewakafkan bangunan rumah beserta tanahnya yang sekarang diresmikan menjadi Masjid Nurul Syaamil Tamo.

Perubahan status mesjid ini dianggap layak karena kondisi Masjid Nuruttamam Tamo sudah penuh pada saat melaksanakan ibadah karena di 2 lingkungan yang ada di Tamo hanya memiliki 1 masjid yaitu Masjid Nuruttamam Tamo.

Sertifikat perubahan status mushola menjadi masjid diserahkan oleh Bapak Hasdar (Staf Seksi Bimas Islam Kankemenag Kab. Majene) kepada panitia pembangunan Masjid Nurul Syaamil Tamo.

Plh. Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Majene menyampaikan kehadiran Kantor Kementerian Agama di tengah-tengah masyarakat adalah menjalankan tugas pemerintahan dalam bidang keagamaan, salah satu diantaranya adalah dalam bidang kemasjidan ini, "Jika ada masyarakat yang ingin mendirikan masjid, mushola ataupun rumah ibadah maka terlebih dahulu mengajukan permohonan ke Kantor Kementerian Agama begitu juga dengan perubahan status dari mushola menjadi masjid", ucapnya.

Penetapan kelayakan status masjid itu melalui proses dan diverifikasi oleh tim yang terdiri dari MUI Kabupaten Majene, PKPRMI, FKUB dan Dewan Mesjid Indonesia Kab. Majene karena dikhawatirkan jangan sampai terjadi konflik di tengah masyarakat ketika masjid tersebut dibangun atau diubah statusnya.

Terakhir, beliau menyampaikan bahwa dengan diresmikannya Masjid Nurul Syaamil Tamo ini kiranya dapat menambah gairah keimanan di tengah-tengah kita dengan cara kita senantiasa melaksanakan salat berjamaah di masjid serta melaksanakan fungsi mesjid yang seharusnya dan tidak melaksanakan kegiatan yang diluar dari fungsi mesjid.

#sukses_dalam_kegiatan_jaya_dalam_program

Kontributor: Rafidah A. Rahman
Fotografer : Jufri


Daerah LAINNYA